Info SehatQ, Gejala Demam Berdarah Yang Wajib Anda Waspadai

Penyakit demam berdarah tentu tidak boleh Anda anggap sepele apalagi jika muncul beberapa gejala yang tanpa disadari. Untuk pencegahan lebih dini, maka anda wajib tahu beberapa gejala DBD yang umumnya muncul di fase awal.

DBD adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue dari nyamuk aides aigepty. Penyakit ini harus diobati sejak dini agar tidak semakin parah. Untuk meminimalisir munculnya DBD yang semakin parah, maka berikut ini beberapa gejala DBD di fase awal yang wajib Anda waspadai dan jangan diremehkan. 

1. Demam Tinggi

Yang pertama adalah demam tinggi yang muncul secara mendadak. Demam tinggi pada demam berdarah tidak seperti demam biasanya, karena suhunya bisa mencapai 40 derajat Celcius dan tidak memiliki gejala penyerta.

Tidak akan muncul gejala seperti pilek hidung tersumbat hingga batuk. Namun demam ini akan terjadi antara 2 sampai 7 hari. Jika muncul demam bedak tanpa gejala penyerta maka wajib waspada bisa jadi itu DBD. 

2. Sakit Kepala

Sakit kepala biasanya muncul setelah anda mengalami demam. Anda akan mengalami sakit kepala yang parah terutama di bagian dahi. Sakit kepala ini juga disertai dengan nyeri pada bagian belakang mata dan merupakan kondisi umum yang paling sering terjadi.

Bisa konsumsi obat sakit kepala untuk hilangkan rasa sakit yang teramat sakit. Apalagi untuk beberapa orang yang tidak bisa menahan rasa sakit. 

3. Nyeri Bagian Otot

Ketika demam tinggi muncul maka anda yang menderita demam berdarah akan merasakan nyeri di bagian tubuh tertentu. Mulai dari bagian otot, belakang mata hingga tulang sendi.

Biasanya gejala penyerta dari otot yang terasa nyeri ini adalah berkeringat serta menggigil. Durasi munculnya gejala 4 sampai 10 hari saat virus mulai memasuki tubuh. 

4. Mual Dan Muntah

Gejala lainnya yang muncul ketika anda akan mengalami DBD adalah mual dan muntah. Ini bisa terjadi tidak hanya pada orang dewasa, tapi juga anak-anak. Mual dan muntah adalah masalah pencernaan yang bisa membuat anda tidak nyaman terutama pada bagian perut dan punggung. Saat akan DBD maka mual dan muntah akan terjadi 2 sampai 4 hari ketika virus masuk dan mulai menyerang tubuh. 

5. Muncul Ruam Merah

Ruam merah menjadi salah satu gejala umum yang menjadi ciri khas dari DBD. Ruam DBD memiliki warna kemerahan atau merah muda pucat. Umumnya timbul pada beberapa bagian tubuh tertentu seperti wajah, bagian tangan dan kaki serta dada. 

Ruam ini biasanya mulai muncul pada hari ketiga dan berlangsung selama 2 sampai 3 hari. Saat akan mengalami DBD anda biasanya juga mudah sekali lelah. Kelelahan ini merupakan hal wajar karena anda mengalami nyeri otot dan masalah pencernaan sehingga napsu makan menurun. Nafsu makan menurun maka tubuh menjadi mudah lelah sebab kekurangan asupan makanan dan kekebalan tubuh yang lemah. 

Jadi itu tadi beberapa gejala yang umumnya muncul saat Anda demam berdarah. Jika beberapa gejala tersebut muncul maka sebaiknya langsung waspada dan kunjungi dokter untuk penanganan lanjutan. Setelah itu, Anda bisa lakukan upaya penyembuhan di rumah atau bisa juga opname tergantung dari saran dokter saat konsultasi. 

Anda yang ingin mengetahui lebih banyak seputar penyakit DBD maka bisa kunjungi website kesehatan keluarga yaitu SehatQ. Di SehatQ, terdapat informasi penyakit lebih lengkap dan sesuai fakta. Tidak informasi seputar penyakit DBD saja tapi juga penyakit-penyakit lainnya. Mulai dari gejala, penyebab enggak proses penyembuhan akan anda temukan informasinya di SehatQ.

Posting Komentar untuk "Info SehatQ, Gejala Demam Berdarah Yang Wajib Anda Waspadai"