Cara Mudah Mengubah Lagu di Kaset Lama menjadi MP3

Klik Pintar - Diantara kalian mungkin masih banyak yang gemar mendengarkan lagu atau musik zaman dahulu yang biasanya diputar melalui alat bernama Tape. Ya, alat yang sekilas mirip radio ini bisa mengeluarkan suara, bebunyian, dan lagu dari kaset pita yang berputar-putar. Ah nostalgia masa lalu, begitu indah mesin ini pada masanya.

Yang menjadi masalah, saat ini tidak banyak lagi Tape beredar. Alhasil, kaset-kaset dari pita itu jarang bisa diputar, didengarkan, meski sedekar ingin mengenang masa lalu. Masalah kedua, tidak semua lagu masa dulu ada di internet dan bisa dinikmati.

Tentu, masalah ini sangat rumit, akan tetapi di era modern sekarang ini sebenarnya sudah ada cara yang bisa menolong kalian agar bisa bernostalgia dengan masa lalu. Dengan cara ini, lagu-lagu lawas kalian bisa diputar kembali di komputer. Nah, langsung saja, yuk simak panduan konversinya berikut ini. 


Peralatan yang Perlu Disiapkan

  • Siapkan tape radio, bisa Walkman atau Minicompo, dimana alat ini untuk memutar kaset
  • Komputer atau Laptop yang sudah terkoneksi dengan kartu audio
  • Kabel jack 3.5 mm untuk mengkoneksikan komputer dengan tape radio
  • Software Audio, nantinya akan digunakan tuk merekam lagu yang terputar.

Ikuti Langkah-Langkah Berikut ini

  • Pasang Kabel Jack Audio 3.5mm, pasang di lubang Jack Handset Tape dan lubang microphone di Komputer/laptop
  • Pastikan kalau kabel sudah terhubung dan menghasilkan suara. Caranya dengan membukan di Mixer dari icon Speaker komputer anda (Windows 7 OS).
  • Buka Software Adobe Audition (di sini saya memakai Software Adobe Audition untuk merekamnya)
  • Buat dokumen baru, File > New.
  • Kemudia Tekan Tombol PLAY (yang ada di Radio Tape), dilanjutkan dengan klik RECORD pada Adobe Audition nya.
  • Tunggu hingga lagu yang anda ingin kan selesai diputar.
  • Jika sudah selesai, anda klik File > Save As, dan simpan sebagai MP3
  • Lagu nya pun sudah berpindah ke komputer anda
Mungkin dalam prakteknya anda akan menemui kendala-kendala, namun intinya seperti itulah caranya. Jika anda melakukannya dengan benar pasti akan mudah. Apabila hasil rekaman tadi masih terdengar suara noise (seperti suara kresek-kresek), Anda dapat menghilangkannya dengan menggunakan menu [Noise Reduction]. Caranya buka file hasil rekam tadi, kemudian pilih menu [Effect] > [Noise Reduction]. 

Alternatif Menggunakan MP3 Converter

Jika cara di atas dianggap ribet, masih ada cara yang lebih kekinian dan praktis. Serius? Ya! Alat yang kecil namun berjuta rasanya itu bernama MP3 Converter. Dari alat ini, lagu-lagu masa lalu bukan hanya bisa diputar, tetapi bisa diubah menjadi format MP3 yang kemudian bisa diperdengarkan lewat komputer atau gadget smartphone.

Di mana bisa membeli MP3 Converter? Bagi kalian yang ingin nostalgia masa lalu dengan mudah, kalian bisa membeli alat ini di Blibli.com. Di Blibli, harga tentu terjangkau, kualitas oke, originalitas terjamin.

Dengan MP3 Converter, maka kalian bisa mendapatkan kemudahan dan keunggulan. Pertama, bentuknya yang sangat simpel dan mungil, memudahkan kalian bisa membawanya kemana pun dengan mudah. Selain itu, fiturnya yang plug and play, sangat praktis untuk memutar kaset lama menjadi lagu yang enak didengar.

Sebagai MP3 Converter, tentu alat ini bisa mengubahnya pula menjadi format MP3 dengan dihubungkan ke laptop. Tak hanya itu, agar kalian bisa memastikan kualitasnya, alat satu ini disertai dengan software editing. Yukk coba deh, dijamin, masa lalu seolah hadir kembali dengan alat ini.

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Mengubah Lagu di Kaset Lama menjadi MP3"