Tips Cermat Saat Belanja di Toko Perhiasan Emas

Klik Pintar - Selain menjadi salah satu bentuk investasi yang paling banyak diminati, emas juga termasuk perhiasan yang paling memikat hati. Ya, benda yang berasal dari perut bumi ini menjadi penyempurna tampilan agar tampak semakin elegan dan berkelas. 

Begitu berharganya emas, maka jangan sampai kamu salah ketika membeli emas. Mengingat harga emas yang tidaklah murah, maka kamu perlu untuk selektif ketika berbelanja di toko perhiasan emas. 

Sebagai orang yang pernah bekerja di toko emas bagian penjualan, kali ini saya akan memberikan tips cermat ketika kamu belanja di toko perhiasan emas. Nah langsung saja, simak apa yang kutulis dari pengalaman pribadi ini. 

Tips Belanja di Toko Perhiasan Emas

Perlu kamu ketahui, bahwa perhiasan emas itu banyak sekali jenisnya, mulai dari macam-macamnya, warnanya, hingga penggolongan kadar. Yukk ikuti tips cermat ini agar kamu tak salah beli ya! 

Pilih perhiasan emas dengan kadar 70%

Di toko perhiasan emas, umumnya mereka menjual perhiasan dengan kadar minimal 40%. Nah menurut pengalamanku, kadar perhiasan emas yang ideal adalah 70%. Idealitas ini dihitung berdasarkan kualitas warna, kekuatan perhiasan, dan nilai jual kembali. 

Perhiasan emas dengan kadar 70% cenderung meningkat dari waktu ke waktu. Itu artinya, jika kamu suatu saat ingin menjual kembali, maka kamu akan mendapatkan keuntungan. Berbeda dengan kadar 40% yang tidak terlalu signifikan kenaikan harganya. 

Bagaimana dengan kadar 24 karat atau 99.9%? Menurutku untuk kadar 24 karat sebaiknya tidak dijadikan perhiasan yang dipakai untuk keseharian. Memang sih, emas murni lebih menawan, tetapi dari sisi kekuatan emas kadar 24 karat sangat rentan rusak. Jika untuk investasi, sebaiknya kamu membelinya dalam bentuk lantak atau batangan. 

Pilih perhiasan emas dengan permata yang sedikit

Saat kamu belanja di toko perhiasan emas, jangan tergiur dengan permata yang tersemat di perhiasan emas. Karena sebaiknya kamu perlu memilih perhiasan emas yang memiliki sedikit permata atau bahkan tanpa permata sama sekali. 

Mengapa? Alasan pertama, permata sangat mudah lepas, hal mana itu akan mengurangi keistimewaan perhiasan karena meninggalkan lubang akibat lepasnya permata. Selain itu, permata yang hilang tadi pastinya mengurangi berat dari emas. Tentu hal ini bisa sangat merugikan kamu nantinya jika suatu saat menjual, dan ternyata berat turut. Itu artinya harga jualnya juga akan berkurang, bukan? 

Tips memilih warna emas

Di toko perhiasan emas, kamu umumnya akan menjumpai 3 warna emas, yaitu kuning, slep merah, dan putih. Nah untuk pemilihan warna ini, kamu bisa memilih atas pertimbangan atau kriteria tertentu. 

Bagi kamu yang tergolong masih muda, mungkin warna putih sangat sangat tepat bagi kamu tampil kekinian. Lalu untuk kamu yang memiliki kulit cerah, sebaiknya kamu memilih warna perhiasan emas yang slep merah, karena perhiasan tak akan kelihatan mencolok. Sedangkan bagi kamu dengan nuansa kulit gelap, bisa memilih emas warna kuning untuk menonjolkan perhiasan yang dikenakan. 

Tips khusus untuk pembelian kalung

Hal yang paling membedakan antara kalung dengan perhiasan lain ialah terletak pada pengaitnya. Saat kamu belanja di toko emas ingin membeli kalung, sebaiknya kamu memilih kalung dengan tipe pengait per atau pengunci otomatis.

Tipe pengait per terbilang lebih awet dan kuat jika dibandingkan pengait tipe S. Apalagi bagi kamu yang sering melepas kenakan kalung, maka tipe pengait per akan sangat memudahkan dan tidak mudah rusak. 

Nah sobat, demikianlah tips cermat saat belanja di toko perhiasan emas dari kami. Oh ya, selain di toko, kamu juga bisa membeli perhiasan emas di online store Blibli.com yang menjamin orisinalitas dan kualitas.

Posting Komentar untuk "Tips Cermat Saat Belanja di Toko Perhiasan Emas"