Antisipasi Kekurangan Nutrisi dengan Mengenali Tanda-tandanya Sejak Awal

Kekurangan nutrisi merupakan gangguan kesehatan yang dapat memicu penyakit-penyakit serius. Sayangnya, sebagian masyarakat Indonesia masih mengabaikan pentingnya konsumsi makanan sehat dan penunjang seperti Herbalife yang menawarkan nutrisi no 1 di dunia. Faktor-faktor lain seperti kondisi ekonomi, kesehatan mental, dan masalah pada kebiasaan makan pun berkontribusi pada kurangnya nutrisi dalam tubuh.

Mengantisipasi kekurangan nutrisi

Kompleksnya penyebab kekurangan nutrisi menjadi tanda Anda harus mengantisipasinya sedini mungkin. Hal ini disebabkan, penanganan yang kurang sesuai akan menimbulkan efek lebih serius sampai mengancam nyawa.

Mengatur pola makan adalah saran yang paling umum dianjurkan, sebab makanan yang akan menentukan asupan nutrisi yang diterima tubuh. Makanan yang kaya karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan zat-zat menyehatkan lainnya pun perlu ditakar mengikuti kebutuhan tubuh. Anda juga dianjurkan mengecek berat badan guna mengetahui apakah kondisinya ideal atau tidak.

Disitat dari jurnal Royal College of Physicians, membiarkan tubuh kekurangan nutrisi berpotensi menyebabkan gangguan pada sistem cerna, pernapasan, otot, hingga imunitas tubuh. Lantas apa saja tanda-tanda dari tubuh yang belum menerima asupan nutrisi yang sesuai? 

Berat badan turun drastis

Orang-orang yang kekurangan nutrisi (malnutrisi) cenderung mengalami penurunan berat badan secara drastis. Salah satu faktor penyebabnya adalah berkurangnya jumlah nutrisi yang diterima. Meski penurunan berat badan belum tentu berhubungan dengan malnutrisi, kondisi ini perlu diwaspadai karena masih berpotensi menjadi tanda penyakit serius. 

Sulit berkonsentrasi

Apa belakangan Anda sulit berkonsentrasi? Hal ini bisa menjadi tanda tubuh kekurangan sumber nutrisi. Seperti poin sebelumnya, gejala ini pun dapat menandakan adanya gangguan kesehatan lain seperti anemia dan kekurangan vitamin. Kalau terus dibiarkan, Anda akan kesulitan beraktivitas dan membuat kondisi fisik semakin lemah. 

Rambut kering dan mudah rontok

Bagian tubuh lainnya yang akan terkena dampak dari malnutrisi adalah rambut kering dan mudah rontok. Biasanya gangguan ini terjadi saat kondisi kulit sudah bermasalah duluan. Efek samping lain yang kadang dijumpai pada rambut yang tak ternutrisi dengan baik adalah perubahan warna yang kecokelatan dan bercabang. 

Cepat lelah dan lesu

Gejala lain yang akan Anda rasakan saat tubuh tak menerima nutrisi yang cukup adalah cepat kelelahan dan lesu. Banyak orang yang mengabaikan tanda tersebut, sehingga membuat kondisi tubuh semakin menurun. Jangan abaikan kalau gejala ini berlangsung berkepanjangan, apalagi kalau disertai keluhan lain yang membuat Anda terpaksa menunda sejumlah kegiatan.

Itulah penjelasan singkat seputar kekurangan nutrisi (malnutrisi) beserta gejala-gejala yang perlu diantisipasi. Selain memeriksakan diri ke dokter, Anda yang baru merasakan tanda ringan bisa segera memperbaiki pola makan. Tunjang juga dengan suplemen menyehatkan seperti Herbalife yang menyediakan nutrisi no 1 di dunia.

Posting Komentar untuk "Antisipasi Kekurangan Nutrisi dengan Mengenali Tanda-tandanya Sejak Awal"