Tips Menata Dapur Sempit Dengan Metode PACAR

Source: Detik

 

Memiliki dapur yang luas serta multiguna merupakan dambaan semua orang terutama ibu rumah tangga. Mengingat dapur adalah markaz ibu rumah tangga yang dari sanalah perut satu keluarga terkenyangkan. Maka dapur yang luas serta multiguna akan memberikan energi positif tersendiri bagi ibu rumah tangga untuk berkreasi dengan spatulanya membuat masakan yang lezat.

 

Tidak semua ibu rumah tangga memiliki dapur ideal yang diinginkan. Sebaliknya, rumah yang sempit membuat dapur pun ikut kebagian tempat yang sempit pula. Belum lagi banyaknya peralatan dapur membuat dapur dan suasana memasak menjadi rumit.

 

Namun, ibu sekalian percayakah anda bahwa luas dan multigunanya dapur tidaklah ditentukan dari ukuran saja? Melainkan bagaimana cara kita menata dapur. Artinya, kita tetap bisa memiliki dapur multiguna dengan suasana luas apabila cara menata dapur sempit di rumah kita tepat.

 

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan dapur ideal. Salah satunya dengan menerapkan metode PACAR. Apa itu metode PACAR? Yukk simak penjelasan berikut:

 

1. (P) Pakailah area Wastafel
Area wastafel biasanya jarang untuk hal lain selain mencuci peralatan. Cobalah untuk memakai area wastafel di samping keran air untuk menyimpan peralatan sementara setelah mencuci. Hal ini untuk menghindari peralatan yang masih basah sebelum diletakkan di rak atau lemari. Anda juga bisa menggunakan kolong di bawah wastafel untuk menyimpan peralatan-peralatan yang besar seperti tabung gas, tempat sampah, dan lain-lain.

 

2. (A) Atur peralatan sesuai jenis
Ibu, cobalah untuk mengatur dengan memilah peralatan dapur sesuai dengan jenisnya. Misalnya, tempatkan piring dalam satu tempat secara berututan. Menyelipkan mangkuk di antara piring-piring bisa membuat tempat penyimpanan menjadi boros dan tidak rapi.

 

3. (C) Cuci Peralatan Dapur sesudah menggunakan
Biasakan segera mencuci peralatan setelah menggunakannya ya ibu sekalian. Hal ini akan menghindarkan perkembang-biakan bakteri pada peralatan dapur anda. Selain itu, lekas mencuci sesudah menggunakan dapat menjadikan dapur anda menjadi lebih rapi, bersih, dan memberikan suasana yang nyaman.

 

4. (A) Atur Pencahayaan dan Pentilasi
Dapur yang sempit akan terasa lebih menggigigt apabila tidak ada pencahayaan dan pentilasi sebagaimana mestinya. Pencahayaan yang bagus akan memudahkan anda dalam memasak dan mengatur dapur. Adanya pentilasi udara menghindari kondisi lembab di dapur, sehingga apa yang ada di dapur tidak berjamur.­­

 

5. (R) Ringkas
Ibu, ringkas sebanyak mungkin peralatan dapur agar tidak berserakan sehingga dapur terasa lebih luas. Anda dapat mempertimbangkan untuk memilih rak atau lemari sebagai penyimpanan peralatan-peralatan dapur sesuai dengan selera dan tempat anda. Anda juga bisa meletakkan peralatan dapur dengan cara digantung untuk efisiensi tempat. Biasakan meletakkan kembali peralatan pada tempatnya untuk menghindari “Lupa Naruh” dan kebingungan.

 

Bagaimana dengan cara menata dapur sempit dengan metode PACAR di atas? Semoga tips ini bermanfaat bagi pembaca sekalian khususnya ibu rumah tangga yang ingin memiliki dapur yang ideal. Selamat mencoba.. ^_^

Posting Komentar untuk "Tips Menata Dapur Sempit Dengan Metode PACAR"