Sering Jadi Bumbu Masakan, Ini 9 Khasiat Bawang Merah yang Perlu Kamu Tahu

Klik Pintar - Masakan rasanya kurang lengkap tanpa campuran bawang merah. Penggunaan bawang merah sangat penting dalam proses memasak. Pasalnya, bawang merah adalah bumbu pelengkap yang dapat membuat masakan kamu terasa lebih gurih dan nikmat. Namun, ternyata bawang merah juga bermanfaat untuk kesehatan, lho. Yuk, cari tahu ini 9 khasiat bawang merah yang perlu kamu tahu. 

Ini khasiat bawang merah yang perlu kamu tahu 

1. Membantu mengurangi resiko penyakit jantung

Tekanan darah tinggi dapat memicu berbagai penyakit,salah satunya adalah sakit jantung. Untuk mencegahnya, kamu perlu mengatur pola makan sedini mungkin dengan mengonsumsi makan yang sehat dan bermanfaat untuk tubuh. Salah satunya adalah bawang merah. 

Bawang merah telah lama dikenal efektif untuk menurunkan tekanan darah. Kegunaan bawang merah ini bisa kamu rasakan lebih efektif dengan cara mengunyah langsung bawang merah mentah. Pasalnya, cara ini membuat kandungan allicin pada bawang merah lebih mudah diserap oleh tubuh. 

2. Meningkatkan kesehatan tulang

Kandungan bawang merah memiliki komponen gizi yang baik untuk menjaga dan menguatkan kesehatan tulang. Cara kerjanya yaitu dengan meningkatkan pembentukan tulang dan memperlambat proses pengeroposan mineral tulang. Khasiat bawah merah ini lah yang paling efektif untuk menghambat proses pengeroposan tulang. 

3. Berkhasiat mengatasi sembelit

Gangguan pada pencernaan biasanya disebabkan oleh bakteri. Untuk mengatasi masalah pencernaan, kamu bisa memanfaatkan bawang merah. Tumbuhan yang sering dimanfaatkan sebagai bumbu masakan ini telah lama dikenal baik untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan. 

Kamu bisa coba dengan menambahkan potongan bawang merah pada salad atau makanan lainnya. Kandungan anti bakteri pada bawang merah akan langsung beraksi membunuh bakteri penyebab gangguan pencernaan. 

4. Bawang merah untuk meningkatkan sistem imun

Musim hujan dan perubahan cuaca yang ektrem dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh. Akibatnya, tubuh mudah terserang flu dan pilek. Khasiat bawang merah yang sangat berguna saat musim hujan seperti sekarang ini adalah mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Konsumsi bawang merah secara rutin untuk mencegah flu dan pilek. 

5. Berguna untuk mengontrol diabetes

Bawang merah memiliki kandungan flavonoid di dalamnya. Kandungan tersebut berguna untuk mengatasi berbagai penyakit, termasuk juga diabetes. Bawang merah mampu meningkatkan produksi insulin sekaligus membantu merangsang sekresi insulin yang dapat menurunkan inflamasi yang berkaitan dengan diabetes. 

Selain lima manfaat tadi, masih ada empat khasiat bawang merah yang perlu kamu tahu. Sebelumnya, yuk, beli bawang merahnya di TaniHub! 

6. Membantu melegakan tenggorokan

Selain membantu meningkatkan sistem imun di dalam tubuh, bawang merah juga berkhasiat untuk melegakan tenggorokan. Coba konsumsi bawang merah saat sedang dilanda sakit tenggorokan. Supaya hasilnya lebih optimal sebaiknya kamu konsumsi bawang merah dalam kondisi mentah dengan dijadikan sebagai jus. Tambahkan gula aren atau mandu untuk menambah rasa. 

7. Bagus untuk menjaga tingkat kolesterol

Kolesterol adalah salah satu masalah kesehatan yang berbahaya. Pasalnya kolesterol dapat memicu penyakit lainnya. Kandungan amino serta methylallyl sulfida yang ada di bawang merah dikenal baik untuk mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. 

8. Mencegah berkembangnya sel kanker

Khasiat bawang merah lainnya yang perlu kamu tahu adalah membantu mencegah berkembangnya sel kanker. Bawang merah mengandung belerang yang berguna untuk mencegah kanker prostat serta kemunculan sel kanker lainnya. Konsumsi bawang merah secara rutin agar hasilnya lebih optimal. 

9. Membantu membuang racun dalam tubuh

Bawang merah mengandung antioksidan berguna untuk membantu membuang racun yang ada di dalam tubuh. Selain itu, antioksidan di dalam bawang merah juga berguna untuk menangkal radikal bebas. Disamping itu, kegunaan bawang juga bermanfaat untuk merawat kesehatan kulit. Kandungan antioksidan pada bawang merah dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat dan menjaga kulit agar tetap tampak awet muda. 

Jadi, apakah kamu ingin merasakan khasiat bawang merah ini? Untuk mendapatkan bawang merah dengan kualitas terbaik, selalu pastikan kamu membelinya di TaniHub. Platform e-commerce ini selain menyediakan bawang merah juga menjual aneka buah, sayur, bumbu, telur & unggas, ikan, kebutuhan masak hingga sembako. 

Tak hanya lengkap dan berkualitas, belanja di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti mendapatkan layanan pengiriman yang cepat, layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, metode pembayaran yang beragam, promo - promo menarik serta layanan kepuasan pelanggan yang menjamin penggantian jika barang yang dipesan tidak sesuai. 

Untuk berbelanja di TaniHub Kamu bisa mengunjungi websitenya yaitu https://TaniHub.com atau mengunduh aplikasi onlinenya di Play Store dan AppStore.

Posting Komentar untuk "Sering Jadi Bumbu Masakan, Ini 9 Khasiat Bawang Merah yang Perlu Kamu Tahu"