Bermain Sambil Belajar, Inilah Rekomendasi Mainan Lego untuk Anak

permainan lego

Klik Pintar - Keterampilan dan motorik menjadi hal yang penting bagi tumbuh kembang anak. Akan tetapi, membiasakan anak bermain dan kreatif sejak dini tidak semudah yang dibayangkan. Apalagi di zaman sekarang, anak lebih memilih bermain lewat gadget daripada mainan tiga dimensi. 

Bila ibu sedang menghadapi masalah ini, jangan menyerah dulu. Coba siasati dengan memberikan permainan lego yang bisa membuat si kecil tertarik. Saat ini, banyak macam lego yang bisa dimainkan anak laki-laki ataupun perempuan. 

Manfaat bermain lego untuk anak

Bermain lego mempunyai banyak manfaat jika dibandingkan dengan permainan lainnya. Dengan bermain lego, si kecil dapat mengasah kemampuan kognitif, motorik hingga logika berpikirnya. Berikut adalah beberapa manfaat bermain lego untuk anak. 

Kerja Tim dan Keterampilan Sosial

Bermain lego membuat anak diberi peran tertentu. Mereka bisa berperan sebagai builder, arsitek, atau direktur. Anak-anak akan diberi aturan khusus untuk setiap peran. Mereka juga diajarkan untuk menghormati serta mendengarkan satu sama lain, sesuai dengan perannya saat itu. 

Keterampilan Komunikasi dan Bahasa

Dengan bermain lego, anak-anak bisa belajar berkomunikasi satu sama lain, mengekspresikan pikiran, keinginan, dan kebutuhan dalam mendengarkan orang lain hingga bagaimana cara mereka menanggapinya. Melalui peran yang berbeda, si kecil dapat mengasah keterampilan bahasa serta menambah gagasan tentang negosiasi atau kompromi.

Pemecahan masalah, Matematika dan Kesadaran Spasial

Anak akan belajar memecahkan masalah, yang bisa membantunya mengembangkan keterampilan berhitung dan kesadaran spasial mereka. Permainan lego bermanfaat mendorong si kecil untuk mengembangkan atau menghasilkan ide-ide yang baru.

Rekomendasi mainan lego

Dalam memilih mainan lego untuk anak, warna yang unik dan bentuk beragam saja tidaklah cukup. Ibu harus memerhatikan jenis model dan manfaat lainnya. Pastikan warna dan bentuk yang dipilih dapat menarik perhatian si kecil untuk bermain, seperti rekomendasi berikut ini. 

Lego Pipa

Lego pipa dapat dikatakan sebagai mainan lego anak yang paling populer di kalangan ibu-ibu. Mainan satu ini terkenal dengan berbagai macam bentuk yang dapat melatih motorik si kecil. Tidak heran kalau jenis lego ini menjadi andalan para ibu untuk mainan anak yang terbaik.

Selain itu, lego pipa juga memiliki koleksi permainan yang beragam sesuai dengan umur anak. Jadi, si kecil bisa mendapatkan berbagai jenis bentuk di dalamnya. 

Lego Puzzle

Jenis lego satu ini terbilang simpel dan serbaguna. Bentuk baloknya yang rapi dan sederhana, memudahkan si kecil untuk menyusunnya. Selain itu, dengan karakteristik struktur balok, mainan lego ini mampu membuat anak menjadi lebih kreatif untuk menyusun bentuk legonya. 

Menariknya lagi, permainan lego puzzle ini bisa disusun sesuai dengan imajinasi anak. Mereka tinggal melekatkan satu balok dengan balok lain hingga membentuk bangunan atau karakter sesuai keinginannya. Sehingga imajinasi dan kreativitas si kecil bisa berkembang dengan cepat. 

Stasiun Pemadam Kebakaran Kota Lego

Permainan ini diperuntukkan bagi anak-anak berusia 6 hingga 12 tahun. Si kecil akan menemukan beberapa karakter di dalamnya, seperti petugas pemadam kebakaran, penjual hot dog hingga seekor anjing. Tidak hanya itu, si kecil juga akan mengenal bagaimana bentuk dari kantor pemadam kebakaran, mobil hingga alat-alat yang kerap digunakan untuk memadamkan api. 

Seri lego satu ini sangat membantu anak berimajinasi dan mengenal profesi melalui mainan. Ibu juga bisa ikut bercerita mengenai apa saja tugas pemadam kebakaran. Jangan sungkan untuk selalu menemani si kecil saat bermain supaya mereka tidak mudah bosan.

Posting Komentar untuk "Bermain Sambil Belajar, Inilah Rekomendasi Mainan Lego untuk Anak"