Tak Hanya Nikmat, Inilah Manfaat Gula Merah untuk Kesehatan

manfaat gula merah

Klik Pintar - Semua orang pasti tahu bahwa gula digunakan sebagai pemanis makanan maupun minuman. Ada beberapa jenis gula yang dikenal, di antaranya adalah gula pasir, gula batu, gula jawa, dan gula merah. 

Tentu kamu familiar dengan minuman boba, yang bahan dasarnya menggunakan karamel dari gula merah, memberi tampilan menarik selain rasanya yang manis legit.

Namun, mungkin ada yang belum tahu sederet manfaat yang dimiliki oleh gula merah, tentu jika pemakaiannya tidak berlebihan. Jika ingin mengetahui lebih lengkap mengenai kandungan dan manfaat dari gula merah, terus simak artikel ini ya! 

Kandungan dan Manfaat Gula Merah untuk Kesehatan

Gula merah adalah pemanis alami yang diekstrak dari endapan air pohon nira. Kemudian, endapan tersebut dicetak menggunakan bambu atau cetakan berbentuk silinder.

Beberapa kandungan yang penting untuk diketahui dalam gula merah, di antaranya adalah karbohidrat, serat, protein, kalsium, zat besi, vitamin B3, dan vitamin C; yang memberikan kebaikan untuk tubuh apabila kamu mengonsumsinya. 

Lalu, apa saja manfaat dari gula merah? 

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan vitamin C dari gula merah memberikan manfaat berupa meningkatnya daya tahan tubuh. Apalagi di musim pandemi seperti ini, kamu membutuhkan vitamin C agar mendapat pertahanan ekstra di setiap aktivitas sehari-hari. 

2. Bantu jaga kadar kolesterol

Takut mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol? Tidak perlu khawatir, karena gula merah dalam makanan atau minuman bisa membantu kamu menjaga kolesterol dalam tubuh. 

Kandungan vitamin B3 (niasin) dalam gula merah memiliki manfaat untuk meningkatkan “kolesterol baik” atau High-Density Lipoprotein (HDL) yang bertugas menjaga kadar Low-Density Lipoprotein (LDL) dalam darah.

3. Mencegah kanker

Secara klinis, vitamin C terbukti dapat mencegah penyakit kanker. Berdasarkan kandungan vitamin C di gula merah yang dipaparkan sebelumnya, kamu bisa memercayakan gula merah untuk membantumu terhindar jauh dari kanker. Eits, tetapi mengonsumsinya tetap disesuaikan dengan kebutuhan, ya. 

4. Mengatasi anemia

Zat besi yang terkandung pada gula merah, dapat membantu mengurangi dampak anemia pada tubuh. 

Jika sedang kambuh, anemia akan mengganggu segala aktivitas kamu, bukan? Nah, kamu bisa mulai rutin mengonsumsi gula merah untuk membantu mengatasi anemia, seperti mata yang berkunang-kunang. 

5. Merawat kulit

Gula merah memiliki kandungan antioksidan, yang merupakan senyawa untuk mengatasi radikal bebas. Itu berarti, gula merah juga bermanfaat bagi kulit.

Dengan mengonsumsi gula merah, maka kamu juga sudah melakukan perawatan kulit dari dalam, lho! 

6. Melancarkan pencernaan

Kamu pasti pernah merasakan sembelit. Itu terjadi karena kamu kurang mengonsumsi makanan yang mengandung serat. Nah, dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang terdapat kandungan gula merah, masalah sembelit tidak akan pernah datang lagi. Karena, gula merah mempunyai kandungan serat yang tinggi. 

7. Membantu obati sariawan

Sariawan menjadi salah satu momok menyebalkan bagi setiap orang. Karena rasa perih apabila tersentuh, membuat kita kesulitan untuk makan. 

Kandungan vitamin C yang tinggi pada gula merah, dapat membantu menyembuhkan sariawan secara alami dan cepat, tentu jika berimbang dengan gaya hidup yang sehat. 

Sahabat klik pintar, Itulah tadi manfaat dan kandungan dari gula merah yang perlu kamu ketahui. Jika kamu masih tidak menyukai gula merah, sebaiknya segera ubah pandanganmu terhadap pemanis tinggi antioksidan ini. Karena tidak semua yang manis itu buruk bagi tubuh, gula merah bahkan bisa menyehatkan tubu, bukan?

Posting Komentar untuk "Tak Hanya Nikmat, Inilah Manfaat Gula Merah untuk Kesehatan"