Hindari Penyakit Pneumonia, Kenali Penyebabnya!

Pneumonia atau radang paru-paru merupakan salah satu penyakit yang sering menjangkit masyarakat. Penyakit ini tidak kenal umur alias siapa saja bisa terkena pneumonia. Penyakit ini memang berbahaya, tapi bukan berarti tidak bisa dihindari. Salah satunya yaitu dengan vaksin PCV. Anda dapat melakukan pendaftaran secara online.

 Cara daftar vaksin online dapat Anda temukan informasinya dimana pun. Pemberian vaksin PCV dapat dilakukan sejak anak berusia 2 bulan dan diberikan secara rutin selama 3 kali dengan jarak 4 - 8 minggu. Cara lain untuk menghindari penyakit ini adalah dengan mengetahui penyebabnya. Mari simak ulasan di bawah ini untuk mengetahuinya.

Kebiasaan merokok

Orang yang merokok mempunyai risko terkena pneumonia lebih besar dibandingkan yang tidak merokok. Sebab, penumpukan cairan dan lendir dapat terjadi di paru-paru orang yang merokok. Hal ini tidak hanya terjadi pada perokok aktif, tapi juga perokok pasif. Daya tahan tubuh yang berfungsi untuk melawan penyakit dan virus akan terganggu. Inilah yang menjadi penyebab pneumonia. Oleh sebab itu, hindari kebiasaan merokok demi diri Anda dan orang-orang di sekitar Anda.

Infeksi bakteri

Pneumonia yang disebabkan oleh bakteri disebut pneumonia bakterial. Bakteri ini masuk ke dalam mekanisme pertahanan tubuh, lalu masuk ke paru paru. Bakteri masuk melalui saluran pernapasan atau peredaran darah. Nama bakteri yang paling umum penyebab pneumonia adalah Streptococcus. 

Bakteri ini hidup di dalam tenggorokan orang yang masih muda dan sehat. Pada kasus pneumonia, tubuh akan mengalami kekurangan oksigen dan apabila tidak segera ditangani menyebabkan komplikasi yang serius. Seseorang yang mempunyai sistem imun tubuh yang lemah juga berisiko terkena pneumonia.

Virus berbahaya

Virus umumnya dapat menyebabkan flu, batuk, dan pilek. Namun, virus juga menjadi penyebab pneumonia. Gejalanya lebih ringan dari pada pneumonia bakterial. Meskipun gejalanya ringan, terdapat pula jenis virus penyebab pneumonia yang dapat berakibat fatal, seperti virus Corona. Oleh sebab itu, ketika Corona mulai menyebar, orang yang mengidapnya seringkali mengalami penumpukan cairan pada paru-paru. Inilah yang disebut pneumonia.

Menghirup spora jamur

Menghirup spora jamur menjadi penyebab timbulnya pneumonia. Spora jamur yang terhirup akan berkembang biak di paru-paru. Biasanya terjadi pada orang yang menderita penyakit kronis atau mempunyai daya tahan tubuh yang lemah. Jamur yang dimaksud yaitu Pneumocystis jirovecii, Coccidioides, Cryprococcus, dan Histoplasma capsulatum. Jamur-jamur tersebut dapat ditemukan di kotoran burung dan tanah. Oleh sebab itu, jaga selalu kebersihan lingkungan Anda agar tidak terkena pneumonia.

Penyebab-penyebab pneumonia yang sudah disebutkan di atas hanyalah sebagian kecil saja. Jika Anda selalu menjaga kesehatan serta kebersihan diri dan lingkungan, risiko terkena penyakit yang menyerang paru-paru ini menjadi lebih rendah. Semoga sehat selalu, ya!

Posting Komentar untuk "Hindari Penyakit Pneumonia, Kenali Penyebabnya! "