Review Dignitate, Film Indonesia yang Lebih dari Kisah Cinta Anak SMA

Beragam pilihan film Indonesia saat ini menawarkan lebih banyak hiburan buat kamu yang mencari tontonan seru sambil mengisi waktu luang. Salah satunya adalah Dignitate, film tahun 2020 yang disutradarai Fajar Nugros serta dibintangi Al Ghazali dan Caitlin Helderman.

Film ini merupakan hasil adaptasi dari novel Wattpad populer karya Hana Margaretha dengan judul yang sama. Di Wattpad, Dignitate bahkan sudah dibaca lebih dari 10 juta kali, yang menunjukkan popularitasnya. 

Romansa Remaja SMA Beda Kepribadian

Dignitate menceritakan lika-liku romansa Alana (Caitlin Helderman) dan Alfi (Al Ghazali), dua pelajar SMA dengan kepribadian yang bertolak belakang. Kehidupan mereka jadi bertaut setelah Alana, seorang murid pindahan, harus duduk bersebelahan dengan Alfi di kelas.

Yang menjadi masalah adalah mereka berdua punya kepribadian yang jauh berbeda. Alfi sendiri adalah remaja serius, galak, dan cenderung dingin terhadap orang lain, apalagi lawan jenis. Sementara itu, Alana adalah remaja yang periang seperti halnya remaja normal pada umumnya. Hanya saja, keduanya memiliki satu persamaan: sama-sama keras kepala.

Sifat keduanya yang sama-sama keras kepala, ditambah dengan perbedaan karakteristik antara keduanya tentu memicu gesekan dalam dinamika mereka berduanya. Meski begitu, Alana dan Alfi akhirnya bisa berteman dengan baik dan mampu berkompromi dengan perbedaan mereka masing-masing. Bahkan, perasaan suka perlahan muncul di dalam hati mereka berdua. 

Konflik Tokoh dan Keluarga yang Realistis

Meskipun bergenre drama romantis, Dignitate juga banyak menyinggung konflik karakternya. Bahkan, tema utamanya telah terangkum dalam judulnya: Dignitate berasal dari bahasa Latin dan bisa diartikan sebagai “bermartabat” dalam bahasa Indonesia.

Salah satunya adalah konflik dalam keluarga Alfi, yang berusaha menjaga kehormatan keluarga yang sempat hancur lantaran kelakuan kakaknya, Regan. Sementara itu, Regan merupakan sosok yang selalu marah karena sering dibanding-bandingkan dengan Alfi, yang berprestasi dan merupakan perwujudan ideal “anak baik dan pintar”. 

Bagaimana dengan Alana? Meskipun terlihat periang, sebenarnya Alana adalah anak perempuan yang jauh lebih kuat dari yang terlihat. Kondisi keluarga dan sosok ibu yang tegar menjadi alasan mengapa Alana lebih dewasa daripada anak-anak seumurannya.

Tak hanya kedua tokoh utamanya saja yang mendapatkan sorotan, salah satu karakter pendukung lainnya juga menjadi media cerita yang patut jadi perhatian, apalagi oleh para orang tua saat ini. Tsabitha, teman Alana, rupanya memiliki trauma yang membuatnya ingin mengakhiri hidupnya sendiri. Beruntung, ia memiliki support system yang sehat dalam diri Alana sehingga ia tetap bisa bertahan hidup. 

Humor Lucu Khas Remaja Kekinian

Di samping konflik keluarga yang berpusat pada kedua karakter utamanya, Dignitate juga menawarkan kesegaran lewat beberapa adegan lucu dari pada pemainnya. Salah satunya hadir dalam diri Keenan, teman Alfi yang memang terkenal paling suka melucu. Kehadiran Keenan sebagai pencair suasana sukses memberikan jeda yang dibutuhkan penonton di sela-sela drama sepanjang film ini. 

Streaming Dignitate Online di Viu

Penasaran ingin tahu bagaimana akhir kisah Alana dan Alfi? Akankah mereka berdua sama-sama mengakui perasaan mereka terhadap satu sama lain? Dan bagaimana dengan keluarga Alfi? 

Untuk mendapatkan jawabannya, kamu jelas harus tonton dulu Dignitate! Apalagi sekarang Dignitate sudah bisa kamu streaming secara gratis melalui Viu, yang bisa kamu akses dari aplikasi Viu di smartphone. Kamu juga bisa aktifkan Viu Premium untuk pengalaman nonton film dan bebas akses ke semua video tanpa ada jeda iklan, lho!

Posting Komentar untuk "Review Dignitate, Film Indonesia yang Lebih dari Kisah Cinta Anak SMA"