Apa Itu NFT dan Cara Jual Beli NFT

NFT atau disebut dengan non vomible token adalah sebuah aset digital di mana disukai banyak investor Indonesia, terutama yang menggunakan sistem transaksi dengan uang kripto. NFT sendiri adalah sebagai bukti dari kepemilikan barang yang dibeli dengan mata uang kripto.

NFT banyak diaplikasikan ke berbagai bidang mulai dari karya seni, video musik sampai ke game. Tidak heran jika sekarang bermunculan banyak sekali NFT Game. NFT ini tentu saja bisa diperjualbelikan dengan mudah namun wajib mengetahui caranya. 

Cara Jual Beli NFT

Setelah mengetahui apa itu NFT secara garis besar, pahami pula bagaimana cara bertransaksi dengan aset digital ini.

Pilih Pasar dan Buat NFT

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan memilih pasar untuk aset digital ini sendiri. Ada banyak sekali pilihan pasar yang berspesialisasi dalam jenis aset digital tertentu.

Setelah memilih pasar yang cocok maka unggah dokumen digital. Untuk setiap pasar biasanya punya beberapa perbedaan, namun sebagian besar akan mencetak NFT hanya dalam beberapa klik saja.

Cantumkan NFT yang Dijual

Berikutnya sesudah mencetak NFT, Anda akan diberikan pilihan untuk mendaftarkan aset digital ini di pasar. Anda perlu memahami bahwa baik mentransfer ataupun menjual aset digital ini di pasar lain, biasanya akan dikenakan biaya tambahan.

Kelola Daftar

Setelah selesai membuat daftar, kini aset digital anda sudah tersedia untuk diperjualbelikan di pasar. Anda juga bisa melakukan promosi untuk menarik perhatian pembeli NFT dengan melakukan promosi penjualan lewat situs web ataupun media sosial.

Selain itu, Anda juga bisa mengelola cantuman NFT. Namun perlu dipahami bahwa merubah dan menghapus cantuman bisa dikenakan biaya lain dan biaya gas yang sudah dibayar maka tidak akan dikembalikan lagi.

Syarat NFT Bisa Laku di Pasar Digital

Agar NFT bisa laku di pasar digital tentu saja ada poin penting yang wajib dipahami. Yang pertama adalah kelangkaan, dimana aset digital yang Anda jual harus memiliki keunikan agar tidak umum.

Kemudian yang kedua NFT bisa laku dijual ketika memiliki nilai tambah yang ditawarkan kepada calon pembeli. Lalu yang terakhir aspek komunitas, dimana aset digital ini akan laku keras jika sukses dibangun atas interest yang sama dari banyak individu agar punya nilai. 

Itu tadi pengertian NFT dan bagaimana cara jual beli aset digital ini. Tidak heran mengapa NFT banyak diaplikasikan ke berbagai bidang karena memang menguntungkan bagi berbagai kalangan.

Posting Komentar untuk "Apa Itu NFT dan Cara Jual Beli NFT"