Mau Tahu Kiat Sukses Menjadi Wirausahawan Muda? Berikut Ulasannya

kiat sukses menjadi wirausahawan muda

Universitas Pertamina menyelenggarakan seminar kewirausahaan dengan topik “Be Your Own Boss”. Seminar ini merupakan serangkaian kegiatan Integrated Career Expo Universitas Pertamina (ICE UP) 2022 pada hari Kamis, 15 Desember 2022.

Integrated Career Expo Universitas Pertamina (ICE UP) merupakan kegiatan pameran karir dari beberapa perusahaan di Indonesia. ICE UP sendiri bekerja sama dengan Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO). 

Direktur PT Gunanusa Era Mandiri, Ivan cokro merupakan pengisi kegiatan seminar kewirausahaan tersebut. Selain itu dihadiri oleh para pimpinan APINDO, direktur kemahasiswaan Universitas Pertamina, dan para mahasiswa Universitas Pertamina.

Kegiatan pameran karir ini diharapkan memberikan insight kepada mahasiswa Universitas Pertamina dalam menentukan dan mengembangkan karir sesuai keinginan. Tak heran Universitas Pertamina menjadi Kampus Swasta Unggulan.

Ivan Cokro sebagai pengisi acara membawa topik “Be Your Own Boss”. Menurut Direktur PT Gunanusa Era Mandiri, untuk menjadi boss perlu ada dream. “Dream membuat seseorang lebih jelas mau ke mana. Bukan dream saat tidur, tetapi saat seseorang itu melek. Langkah sekecil apapun harus diambil”.

Rumusan dream sebagaimana paparan Ivan Cokro alam kegiatan ICE UP.

Integritas

Salah satu yang akan membantu seseorang kedepannya adalah sikap integritas. Sikap ini berdampak panjang dalam kehidupan seseorang. Menurut Ivan Cokro, “Tuhan sayang orang jujur. Karena sikap jujur otomatis akan dipertemukan dengan orang-orang yang jujur.”

Leadership atau Kepemimpinan

Skill yang perlu dimiliki seorang pemilik usaha adalah kepemimpinan. Dalam mengembangkan bisnis tentu tidak bisa dilakukan sendiri. Pasti akan membutuhkan orang lain dan membangun sebuah tim. 

Skill leadership sebagai modal utama dalam mengembangkan bisnis, bagaimana memengaruhi orang, menimbang keputusan, menolak pilihan, dan lain sebagainya.

Agility atau Kelincahan

Pemilik usaha harus adaptif atau lincah dalam menghadapi perubahan, dan kelincahan berawal dari curiosity atau rasa ingin tahu. Menurut Ivan Cokro, sebagai boss harus lincah dalam membaca peluang, dan ini dimulai dari rasa ingin tahu.

Pesan yang disampaikan Ivan Cokro ketika sesi tanya jawab bahwa seseorang harus punya modal nekat. Dengan nekat akan berani mencoba dan melangkah daripada tidak bergerak sama sekali.

Demikianlah paparan singkat tentang kegiatan ICE UP 2022 yang diselenggarakan Universitas Pertamina. Sebagai Universitas Terbaik di Jakarta, Universitas Pertamina berkomitmen dalam menyelenggarakan pendidikan tinggi yang bermutu, berwawasan global dan inklusif di bidang bisnis dan teknologi. Maka agenda ICE UP ini bisa menjadi wadah bagi para mahasiswa untuk meningkatkan insight tentang pengembangan karir yang sesuai dengan keinginan.

Posting Komentar untuk "Mau Tahu Kiat Sukses Menjadi Wirausahawan Muda? Berikut Ulasannya"