Mengenal Komponen Panel Surya, Alternatif Sumber Listrik Rumah Tangga

mengenal komponen panel surya

Panel surya adalah komponen dalam pembangkit listrik dengan material elektronik yang berguna untuk mengubah energi matahari menjadi energi listrik. Pastinya, panel surya memiliki komponen penyusun sehingga mampu bekerja secara optimal.

Berikut ini komponen yang terdapat pada sistem panel surya dalam menghasilkan energi listrik. Simak pembahasannya sampai selesai, ya.

Material Semikonduktor

Material ini memiliki fungsi untuk menyerap cahaya matahari. Pada komponen semikonduktor ini, ada permukaan dari material semikonduktor yang terlapisi oleh material metal transparan sebagai kontak negatif. Selain itu, ada komponen substrat yang berguna sebagai kontak positif.

Komponen Substrat

Komponen ini adalah material yang berguna untuk menompang semua komponen dalam panel surya. Substrat juga akan berfungsi sebagai kontak terminal dengan muatan positif. Oleh sebab itu, subtrat harus memiliki konduktifitas listrik yang baik sehingga mampu melakukan fungsi secara optimal.

Pada dasarnya, material penyusun komponen substrat ini adalah metal atau logam seperti molybdenum atau aluminium.

Komponen Lapisan Antireflektif

Material ini adalah komponen yang terdiri dari lapisan tipis dengan indeks refraktif optic antara semikonduktor dan udara sehingga mengakibatkan cahaya berbelok ke arah semikonduktor.

Hal ini selanjutnya menyebabkan cahaya tidak mampu memantul kembali. Cahaya yang sudah masuk ini akan lapisan antirefleksi manfaatkan dengan mengoptimalkan penyerapan cahaya oleh semikonduktor dalam proses konversi cahaya matahari menjadi energi listrik.

Komponen Inverter

Sebuah sistem panel surya mempunyai jantung yang bernama inverter. Komponen ini memiliki fungsi menghasilkan 220 volt AC dan 12 volt DC. Dengan adanya komponen inverter, panel surya bisa menyimpan energi listrik pada baterai yang telah tersedia dalam pemasangan panel surya.

Dalam proses ini, perlu adanya komponen yang berguna sebagai pengendali pengisian daya untuk mencegah kelebihan pengisian daya baterai. Jika pengisian daya berjalan dengan cara yang benar, maka hal ini akan mencegah kerusakan pada komponen panel surya dan baterai.

Komponen Enkapsulasi

Komponen yang satu ini memiliki fungsi melindungi panel surya dari hujan atau kotoran yang bisa mengakibatkan kerusakan pada setiap komponen dalam panel surya. Tentunya, semua komponen akan bekerja secara optimal jika dalam keadaan yang baik dan saling mendukung satu dengan lainnya.

Itulah komponen penting yang ada pada panel surya. Jika Anda tertarik ingin memiliki panel surya, Anda bisa menghubungi Jarwinn. Tenang saja, Jarwinn akan menawarkan beragam inovasi produk tenaga surya dengan harga yang terjangkau dan berkualitas tinggi.

Mau tahu harga panel surya dari Jarwinn? Yuk, segera kunjungi jarwinn.com. Panel surya dengan harga murah dan berstandar SNI, bisa Anda dapatkan hanya di Jarwinn. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Mengenal Komponen Panel Surya, Alternatif Sumber Listrik Rumah Tangga"