Begini Cara Membiasakan Bayi untuk Tidur Siang

Tidur siang memiliki peranan penting dalam tumbuh kembang bayi. Jika kualitas dan lama waktu tidurnya baik, maka akan memberikan banyak manfaat kepada si kecil. Seperti membantu tumbuh kembang, dan menjaga kesehatan fisik serta mental bayi.

Mengingat banyaknya manfaat tidur siang untuk bayi, banyak pakar yang menyarankan kepada orang tua untuk membiasakan bayi untuk tidur siang dengan waktu yang cukup. Berikut ini adalah cara menidurkan bayi agar terbiasa tidur siang. Simak baik-baik, ya!

Kenali Tanda Bayi Sudah Mengantuk

Bunda perlu tahu tanda bayi sudah mulai mengantuk. Biasanya akan ditandai dengan si kecil yang mulai menguap, menggosok-gosok mata, mengerutkan kening hingga rewel atau menangis. Perhatikan secara seksama pada jam berapa saja bayi mulai memperlihatkan tanda-tanda mengantuk tersebut.

Ini dilakukan agar Bunda lebih mudah untuk membiasakannya tidur siang. Misalkan, bayi menunjukkan tanda-tanda mengantuk pada jam 11 siang. Sekitar 15 menit sebelumnya, Bunda bisa mengganti popok atau memberikan susu agar bayi merasa lebih nyaman dan mudah terlelap.

Ajari Bayi untuk Tidur Sendiri

Apabila bayi mulai menunjukkan tanda-tanda mengantuk, segera tempatkan di tempat tidurnya. Bunda bisa menggunakan cara ini untuk mengajarkan bayi untuk tidur sendiri tanpa harus ditemani atau digendong terus-menerus.

Jika tidak ada tempat tidur khusus bayi, letakkan di kasur dan beri guling kecil di sisi kanan-kirinya untuk mencegahnya terjatuh.

Tidurkan Bayi di Jam yang Sama

Salah satu cara membiasakan bayi untuk tidur siang adalah pastikan waktu tidur siangnya selalu di waktu yang sama setiap hari. Jika memungkinkan, Bunda harus memperhatikan durasi tidur siang bayi tidak berubah-ubah.

Menerapkan jam tidur siang bayi yang berbeda setiap harinya, akan membuat si kecil sulit untuk terbiasa tidur siang. Jadi, Bunda pastikan waktu dan durasi tidur siang bayi harus konsisten meski dalam kondisi bepergian sekalipun.

Itulah beberapa cara menidurkan bayi yang tepat agar terbiasa tidur siang. Agar tidur siangnya nyenyak, gunakan popok bayi dari Merries. Tiga lapisannya membantu sirkulasi udara tetap terjaga agar tidak pengap serta mampu menyerap cairan dengan baik.

Terdapat pula alarm penanda pipis atau indikator yang memudahkan Bunda. Jika garis telah berubah warna dari kuning ke biru, maka Bunda perlu mengganti dengan popok yang baru. Warna biru menandakan popok sudah terisi pipis bayi. Informasi selengkapnya bisa dilihat di laman merries.co.id. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Begini Cara Membiasakan Bayi untuk Tidur Siang"