Dampak Negatif Jika Jarang Ganti Oli Motor Matic

dampak negatif jika jarang ganti oli motor matic

Bagi beberapa orang, motor adalah barang berharga yang biaya perawatan hingga aksesorisnya bahkan lebih mahal dari kebutuhan diri sendiri. 

Ironisnya tidak sedikit juga yang sangat tak acuh dengan motor matic mereka hingga mengabaikan maintenance termasuk ganti oli. Alhasil, motor matic yang sepatutnya dalam kondisi prima harus mengalami problem saat dikendarai.

4 Dampak Negatif yang Timbul Ketika Jarang Ganti Oli Motor Matic

Motor matic yang Anda kendarai setiap hari tidak hanya membutuhkan bahan bakar untuk tetap menyala tapi juga perhatian dan perawatan.

Tanpa perawatan yang tepat motor akan mudah rusak apalagi jika jarang mengganti oli motor. Berikut ini dampak negatif yang bisa menimpa motor matic Anda jika jarang mengganti oli.

Motor Tidak Nyaman saat Dikendarai

Kenyamanan saat berkendara merupakan hal pertama yang diinginkan oleh pengendara sepeda motor apalagi jika jarak tempuh yang dituju setiap hari cukup panjang dan melelahkan. Ketika motor masih dalam kondisi baru, motor dapat melaju dengan sangat nyaman tidak ada getaran kasar atau suara keras yang ditimbulkan.

Seiring berjalannya waktu, motor Anda bisa kehilangan rasa nyaman tersebut apabila tidak ganti oli secara rutin. Kebiasaan jarang mengganti oli motor matic akan membuat beberapa bagian motor rusak sehingga mengakibatkan timbulnya getaran kasar. Hindari getaran dan kerusakan part motor matic dengan rutin mengganti oli.

Mesin Motor Gampang Panas

Oli berfungsi sebagai pelumas yang akan mendinginkan mesin ketika dibawa berkendara baik dalam waktu singkat atau panjang. Ketika volume oli semakin berkurang dari waktu ke waktu maka fungsi pendinginannya pun mengalami penurunan. Itulah mengapa, mesin motor mengalami overheating.

Kondisi ini sebenarnya masih bisa dihindari jika Anda rajin mengganti oli. Ganti oli sesuai jadwal yang telah ditentukan dan pilihlah jenis oli terbaik untuk motor matic Anda.

Kebutuhan Bahan Bakar Meningkat Tajam

Dalam sehari, berapa liter BBM yang Anda perlukan untuk kebutuhan kendaraan bermotor? Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda tergantung jarak dan kuantitas pemakaian kendaraan. Namun jika Anda menemukan bahan bakar motor cepat habis tak seperti biasanya maka Anda patut mewaspadainya.

Bisa jadi hal tersebut merupakan tanda motor matic Anda kekurangan pelumas atau oli. Segera bawa motor ke tempat service untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Ganti oli secepatnya bila memang dibutuhkan.

Biaya Maintenance Berubah menjadi Lebih Mahal

Motor matic merupakan sebuah mesin kompleks yang memiliki banyak sekali bagian di dalamnya. Kebiasaan buruk jarang mengganti oli motor akan menyebabkan kerusakan pada komponen mesin. Akibat paling buruk, motor Anda bisa tiba-tiba mati saat tengah dikendarai.

Kerusakan demi kerusakan yang terjadi pada motor matic memerlukan maintenance cepat dan cermat. Sayangnya, biaya maintenance yang harus Anda bayarkan jauh lebih mahal akibat jenis kerusakan yang tak sedikit.

Sebenarnya ada satu trik jitu yang dapat menghindarkan Anda dari berbagai kemungkinan buruk kerusakan pada mesin motor yakni dengan rutin ganti oli. Pilih jenis oli terbaik dengan membuka link yang kami bagikan https://ilti.idemitsu.com/id/productcategory/oli-mesin-motor. Produk yang ditawarkannya banyak dapat disesuaikan kebutuhan Anda.

Posting Komentar untuk "Dampak Negatif Jika Jarang Ganti Oli Motor Matic"