Ingin Tahu Fakta Tentang Lumba-lumba? Simak Disini

Lumba-lumba adalah hewan laut yang tentu saja disukai oleh banyak orang meski ukurannya besar. Bahkan banyak orang rela untuk mengeluarkan uang banyak hanya agar bisa melihat lumba-lumba di acara sirkus ataupun langsung di laut lepas.

Perlu Anda tahu bahwa ada banyak fakta menarik seputar lumba-lumba. Bahkan mungkin fakta-fakta ini tidak diketahui oleh banyak orang. 

Fakta Tentang Lumba-lumba

Menurut Earlpest, berikut berbagai faktor lumba-lumba yang mungkin belum banyak yang tahu.

Tidak Bernafas Dalam Air

Tidak seperti jenis ikan lainnya, lumba-lumba tidak bisa bernafas di dalam air meskipun sebagian besar hidupnya dihabiskan di laut. Lumba-lumba tidak punya organ insang seperti ikan lainnya, makanya kerap muncul ke permukaan sesekali.

Lumba-lumba bernapas dengan lubang sembur untuk menghirup udara sekaligus mencegah agar air tidak masuk ke dalam paru-paru. Karena jika air masuk ke dalam paru-paru maka bisa membuat lumba-lumba tenggelam.

Tidak Suka Hidup Sendirian

Fakta berikutnya adalah bahwa lumba-lumba seperti manusia yang tidak ingin hidup sendirian. Lumba-lumba suka hidup berkelompok yang disebut dengan Pods. Kelompok lumba-lumba ini akan bersama-sama untuk mencari makan dan saling mengingatkan ketika ada predator yang mendekat.

Bahkan kelompok lumba-lumba yang besar bisa mencapai 1.000 ekor dan disebut dengan kelompok Superpods.

Punya Nama Sendiri

Ketahui bahwa lumba-lumba bisa mengenali temannya dari nama masing-masing. Anda tentu tahu bahwa lumba-lumba bisa mengeluarkan suara yang mirip siulan. Namun ternyata siulan ini akan berbeda antara satu lumba-lumba dan lumba-lumba lainnya.

Antara masing-masing lumba-lumba bisa mengingat nama temannya walau sudah berpisah selama berpuluh tahun.

Tidak Mengunyah Makanan

Apakah Anda juga sudah tahu bahwa lupa-lumba tidak pernah mengunyah makanannya? Lumba-lumba adalah hewan yang juga memiliki gigi bahkan jumlah giginya bisa sampai 100 buah namun tetap tidak digunakan untuk mengunyah.

Gigi lumba-lumba dipakai untuk menangkap mangsa dan jika sudah tertangkap akan langsung ditelan. Jadi proses setelah menelan adalah lambung akan melakukan pekerjaannya, dimana lambung lumba-lumba sendiri terdapat dua yang pertama untuk mencerna dan satu lagi untuk menyimpan makanan sebelum dicerna. 

Perlu juga dipahami bahwa lumba-lumba adalah hewan yang suka tidur siang. Umumnya lumba-lumba tidur dengan waktu cukup singkat yaitu sekitar 15 sampai 20 menit saja dan dilakukan beberapa kali dalam sehari. Dapatkan juga informasi menarik lainnya seputar hewan lewat https://earlspest.com/.

Posting Komentar untuk "Ingin Tahu Fakta Tentang Lumba-lumba? Simak Disini"